Rabu, 12 Agustus 2015

Merawat Payudara Dari Radang Kelenjar Atau Mastitis

Mastitis biasanya diderita bagi wanita yang baru melahirkan serta menyusui. Radang kalenjar payudara terjadi karena puting lecet dan tidak... thumbnail 1 summary
Mastitis biasanya diderita bagi wanita yang baru melahirkan serta menyusui. Radang kalenjar payudara terjadi karena puting lecet dan tidak menyusui. Dapat terjadi pada salah satu payudara atau bisa keduanya. Rasa sakit yang timbul karena terjadi proses infeksi akibat reaksi sistemik, misalnya demam, payudara kemerahan, agak keras, terasa nyeri, dan terasa hangat. Apabila sudah terjadi gejala yang demikian maka segera untuk merawat payudara dengan langkah yang tepat. Saat pertama menyusui wajar jika terasa sakit tapi rasa sakit akan berbahaya jika karena radang kelenjar.

Mastitis terjadi karena ada kuman yang masuk dalam kelenjar susu melalui puting anda. Dapat dikarenakan mulut bayi saat menyusu tidak tepat dan kebersihan puting anda tidak terjaga dengan baik. Bakteri yang menyebabkan penyakit mastitis adalah staphylococcus aureus. Bakteri akan masuk karena pada puting ada bagian yang terluka atau pecah. Bisa juga karena ada sumbatan pada ASI. Jika terinfeksi, payudara bengkak dan nyeri. Permukaan payudara yang terinfeksi tampak pecah-pecah.


Penaganan Yang Tepat Untuk Merawat Payudara Terinfeksi Mastitis

Mastitis parah gejalanya adalah demam tinggi yang mampu mencapai 40 drajat. Payudara yang sehat pada umumnya berwarna coklat sedangkan untuk payudara yang mastitis akan berwarna merah. Harus segera merawat payudara yang demikian dan konsultasikan pada petugas kesehatan. Sebab kemungkinan terdapat luka dalam di payudara anda.

Untuk penangananya anda bisa langsung ke bidan atau dokter. Cara lainnya adalah dengan menghindari beberapa penyebab dari radang kelenjar payudara, yaitu:
  • Susui bayi dengan segera 
Saat payudara telah terasa penuh dengan air susu maka segera keluarkan. Susui bayi anda dengan segera. Apabila bayi masih kenyang maka bisa dipompa dan ditaruh pada wadah jika bayi telah lapar anda bisa memberikannya. Sehingga pengeluaran air susu tidak tertunda.
  • Jaga selalu kebersihan payudara
Menjaga daerah payudara sangat penting untuk anda yang sedang menyusui. Daerah yang lembab adalah sasaran empuk para bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Setelah selesai menyusui bersihkan puting dengan kapas yang telah ditetesi air bersih. Lalu keringkan menggunakan handuk bersih juga. Hindari membersihkan dengan sabun sebab kandungan di dalamnya membuat puting kering dan mengakibatkan mudah terkena iritasi. Meskipun puting lecet harus selalu dibersihkan agar tetap bersih.
  • Gunakan bra khusus
Pilih bra khusus ibu menyusui yang bahannya mampu menyerap keringat. Jangan gunakan yang terlalu menekan daerah payudara. Demi higienitas daerah payudara, ganti sesering mungkin setiap basah karena keringat. Bersihkan dengan kapas sebelum memulai untuk menyusui.

Artikel Tentang Merawat Payudara Lainya :
Itulah beberapa cara untuk menangani penyakit mastitis pada ibu setelah melahirkan atau menyusui. Dengan merawat payudara tepat maka akan terhindar dari bakteri penyebab radang kelenjar payudara. Sebelum menyusui dan sesudah bersihkan payudara agar tetap terjaga dan terawat.

Baca Juga;
Pembesar Payudara Dr Susan

Tidak ada komentar

Posting Komentar